• Bintan
  • sebonglagoi03@gmail.com

Rapat Penentuan Satgas Covid-19. Satgas Karhutla, dan Satgas Gerbang Kampung

26 Februari 2021 Siti Nur Afizah Berita Lokal Dibaca 82 Kali

Sebonglagoi, jum'at (26/02/2021) Pemerintah Desa Sebong Lagoi melakukan rapat bersama BPD, RT, RW, Desa Siaga, Tokoh Masyarakat, dan di hadiri juga oleh PDP, PLD, serta Bhanbinkhamtibmas.

Rapat ini membahas mengenai siapa saja yang nantinya akan menjadi Satuan Petugas dalam peng-verifikasian data penerima BLT DD Tahun Anggaran 2021. Pelaksanaan BLT ini berdasarkan Pasal 39 ayat 1 dimana Pemerintah Desa Wajib Menganggarkan dan Melaksanakan BLT Dana Desa selama satu tahun. Nantinya yang akan menjadi tim verifikasi penerima BLT adalah RT/RW, LPM, BPD, dan perwakilan dari pihak Pemerintahan Desa yaitu Sekretaris Desa dan Kasi Pemerintahan.

Adapun kriteria yang yang di verifikasi antara lain : miskin belum mendapatkan Bansos, miskin kehilangan mata pencarian, adanya anggota keluarga yang mengalami sakit menahun, serta adanya 14 kriteria lainnya. Dimana dari 14 kriteria tersebut minimal 9 kriteria terpenuhi.

Satgas Gerbang Kampung (Gerakan Bangun Kampung) merupakan program dengan tujuan menciptakan desa yang mandiri dan madani yang didukung dari kekuatan masyarakat secara bersama disetiap lingkungan RW, dari program ini setiap RW memiliki anggaran Rp. 30.0000.000; / tahun yang bersumber dari Dana Desa. "Anggaran ini nantinya akan dipergunakan untuk kegiatan GORO, tempat pembuangan sampah yang berupa tanah galian berukuran 1m x 1m x 1m, dan penyediaan bak sampah untuk sampah yang tidak dapat di daur ulang, serta kegiatan - kegiatan yang telah disepakati dalam membangun wilayah RW tersebut" ungkap Saragih sebagai Pendamping Lokal Desa.

Dibentuknya Satgas Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) ini bertujuan untuk mencegah akan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan yang berada di wilayah Desa Sebong Lagoi. Dimana kita ketahui bahwa kondisi cuaca yang sangat panas dan angin ini dapat mempercepat akan terjadinya kebakaran. "Mohon kerjasama seluruh masyarakat agar tidak membakar sampah, dikarenakan melihat kondisi cuaca yang seperti ini" ungkap Bhabinkamtibmas.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar